Friday, February 18, 2011

21 Tips Mengembangkan Kepribadian yang Menyenangkan A la W. Clement Stone

Menurut W. Clement Stone, salah satu kunci keberhasilan para niagawan sukses adalah bahwa mereka memiliki kepribadian yang menyenangkan yang membuat siapapun yang melakukan transaksi-transaksi bisnis dengan mereka selalu merasa nyaman dan puas. Dan ini sangat masuk akal sekali, karena tentu siapa pun akan sangat menyenangkan bisa berbisnis dengan orang-orang yang memiliki kepribadian yang baik, sopan, jujur dan bersahabat.

Lantas, apakah orang-orang yang memiliki kepribadian yang menyenangkan itu by default dari lahir. Tidak selalu. Kadang memang ada beberapa orang yang dilahirkan dengan kepribadian seperti itu, tapi sebagian lainnya memiliki kepribadian yang menyenangkan karena hasil dari pengembangan diri bertahun-tahun. Untuk itu, jika Anda benar-benar ingin memiliki kepribadian seperti itu, W. Clement Stone membagi tipsnya untuk pengembangan kepribadian yang menyenangkan. Ini dia tipsnya:


  1. Mulai dengan membuat daftar watak-watak kepribadian Anda. Carilah sebanyak mungkin kebaikan dan kejelekan Anda. Tanyalah pada diri sendiri: apakah orang lain pada umumnya menyukai saya? Mengapa atau mengapa tidak?

  2. Tentukanlah watak-watak yang tidak Anda sukai dan juga tidak disukai oleh orang lain dan bagaimana rencana Anda untuk mengubah watak-watak ini. Gunakanlah prinsip-prinsip kekuatan kebiasaan kosmik dan sikap mental positif untuk menggantikan watak-watak negatif dengan watak-watak yang positif.

  3. Dengarkanlah percakapan Anda sendiri. Apakah Anda memberikan kesempatan berbicara kepada orang lain, atau apakah Anda memonopoli pembicaraan?

  4. Berbaik hatilah pada orang lain. Tertariklah secara tulus kepada mereka sebagai manusia. Gunakanlah rasa ingin tahu Anda tentang orang lain, barangkali setelah Anda mengenal mereka, Anda akan menyukainya dan mudah-mudahan mereka menyukai Anda.

  5. Ingatlah, kalau Anda ingin membuat kesan yang baik, hendaklah penuh perhatian. Buatlah orang yang berbicara dengan Anda merasa bahwa dia orang yang paling penting di dunia.

  6. Pandanglah langsung pada orang yang Anda ajak bicara. Jika Anda merasa sulitu ntuk memandang matanya pandanglah pada pelipis mereka. Mereka tidak akan membedakan hal itu, dan Anda akan memberikan kesan bahwa Anda sangat memperhatikannya.

  7. Kadang-kadang mengangguklah meskipun Anda tidak setuju. Cara ini akan mendorong pembicara untuk lebih ekspresif; Anda dapat menyampaikan pandangan Anda, kalau dia sudah selesai berbicara.

  8. Jangan memotong pembicaraan. Setiap orang berhak untuk mengutarakan pendapatnya. Dengarkanlah pandangan si pembicara sebelum Anda mengutarakan pendapat Anda.

  9. Bersikaplah hormat terhadap martabat orang lain. Jangan berusaha membuat diri Anda kelihatan baik dengan mengorbankan orang lain.

  10. Jangan meremehkan prestasi dan kemampuan orang lain. Hargailah kalau prestasinya memang pantas dihargai.

  11. Jangan menyombongkan prestasi Anda sendiri. Tingkah laku berbicara lebih keras dari kata-kata.

  12. Berilah kesempatan orang lain untuk berprestasi. Kita semua akan mendapat giliran; tetaplah rendah hati bila Anda mendapat giliran.

  13. Bermurah hatilah dalam kemenangan, dan tetaplah ramah dalam kekalahan.

  14. Jangan menggunakan pujian yang berlebih-lebihan untuk mengambil muka orang lain.

  15. Hormatilah orang lain sebagai pribadi dan pada gilirannya Anda pun akan dihormati oleh orang lain.

  16. Jangan berusaha memberi kesan pada orang lain dengan kecerdasan Anda. Gunakanlah kata-kata untuk berkomunikasi, bukan untuk menunjukkan superioritas Anda.

  17. Bijaksanalah dalam memilih pokok pembicaraan untuk didiskusikan. Jangan memilih pokok pembicaraan yang kontroversial seperti agama, politik dan ras pada waktu dan tempat yang tidak tepat.

  18. Jangan bergosip atau meladeni seseorang yang mengajak bergosip. Jika Anda merasa tidak suka membela orang yang dijelek-jelekkan, ubahlah pokok pembicaraan atau menunggalkannya. Andaikanlah bahwa selalu ada dua sisi dalam setiap cerita; Anda hanya mendengarkan satu sisi saja.

  19. Jangan membuat orang lain bosan dengan cerita-cerita tentang kemalangan, masalah, atau kepentingan pribadi Anda.

  20. Jangan biarkan orang lain membuat Anda marah. Apabila Anda lepas kendali, karena seseorang membuat Anda marah, Anda harus mengendalikan reaksi Anda. Jangan biarkan hal itu terjadi.

  21. Ikutlah selalu hukum emas. Perlakukanlah orang lain, seperti Anda ingin diperlakukan oleh orang lain. Dengan begitu Anda tidak perlu menggelisahkan Apakah orang lain menyukai Anda atau tidak. Masalah terbesar Anda adalah menyediakan waktu sebanyak yang diharapkan oleh teman Anda untuk bersama dengan Anda.


Tapi ingat, meskipun suatu kepribadian yang menyenangkan akan membuat Anda dapat memperoleh sebagian atau semua yang Anda inginkan untuk saat itu, namun dalam jangka panjang, Anda tidak selamanya dapat memperoleh yang Anda inginkan, hanya karena orang menyukai Anda. Kepribadian Anda dapat membantu Anda untuk mendapatkan apa yang Anda mau, tapi kepribadian yang menyenangkan saja tidak cukup untuk menjalankan bisnis. Anda dituntut juga untuk menghasilkan sesuatu.

0 comments:

Template by - Abdul Munir - 2008